Nike Menolak Menyediakan Sepatu Kepada Timnas Iran

Betmaster88.net – Nike Menolak Menyediakan Sepatu Kepada Timnas Iran. Carlos Queiroz, pelatih kepala timnas Iran, telah meminta Nike untuk meminta maaf setelah perusahaan olahraga AS itu mengatakan tidak dapat menyediakan sepatu sepakbola kepada para pemainnya dikarenakan sanksi AS terhadap Iran. Dalam sebuah pernyataan, Nike mengatakan: “Sanksi AS berarti sebagai perusahaan AS, Nike tidak dapat menyediakan sepatu untuk pemain di timnas Iran saat ini”.

 

Nike Menolak Menyediakan Sepatu Kepada Timnas Iran

 

Timnas Iran akan menghadapi Maroko di pembukaan Grup B pada Jumat, 15 Juni. Pemenang Piala Eropa, Portugal dan juara dunia 2010 Spanyol juga yang berada di grup yang sama. Ini adalah penampilan kelima Piala Dunia Iran dan negara ini berharap untuk melakukan lebih baik lagi dibandingkan Piala Dunia 2014. Pesepakbola Iran dipuji atas penampilan mereka di Piala Dunia 2014 di Brasil dimana ketika itu mereka menyulitkan timnas Argentina dalam pertandingan grup.

 

“Mereka (Nike) harus meminta maaf karena perilaku arogan terhadap 23 pemain ini yang benar-benar konyol”, kata Queiroz, pelatih asal Portugis. Queiroz juga pernah menjadi manajer timnas Portugis dan Real Madrid. Dulu dia juga adalah asisten manajer Alex Ferguson di Manchester United.

 

Dengan adanya kontroversi Nike, hanya beberapa hari sebelum dimulainya Piala Dunia di Rusia, telah menempatkan Iran di posisi yang sulit. Pihak Iran khawatir bagaimana mereka akan mendapatkan peralatan yang diperlukan untuk turnamen.

 

Pada bulan Mei, Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa pemerintahannya akan memberlakukan kembali sanksi terhadap negara Iran. Trump juga menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran, yang telah disetujui oleh pendahulunya, Barack Obama dan sejumlah pemimpin dunia termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel.

 

Asosiasi Sepakbola Iran telah meminta FIFA untuk campur tangan. “Pemain telah mulai terbiasa dengan peralatan mereka dan ini tidak benar jika mengubahnya ketika begitu dekat dengan salah satu turnamen terpenting”, bunyi protes Queiroz.

 

Pembenaran Nike untuk membatalkan kontraknya dengan timnas Iran telah dikritik karena pengenaan kembali sanksi AS akan berdampak sampai bulan Agustus. Sekarang pemain timnas Iran harus membeli perlengkapan sepakbola mereka sendiri di Rusia dalam waktu yang sangat singkat.

 

Dikabarkan pula persatuan sepakbola Iran harus menemukan cara untuk mendapatkan perusahaan lain untuk menggantikan Nike. Timnas Iran telah menghadapi masalah peralatan selama bertahun-tahun. Setelah asosiasi sepakbola Iran memutuskan hubungan dengan perusahaan Jerman yaitu Uhlsport, peningkatan yang signifikan yang berkaitan dengan pasokan peralatan olahraga dengan perusahaan raksasa olahraga Jerman yaitu Adidas. Namun itu belum pernah terjadi sejauh ini.

 

Kontroversi atas seragam Piala Dunia adalah masalah lain yang harus dihadapi timnas Iran hingga bulan lalu. FIFA telah keberatan dengan simbol nasional cheetah Persia pada kaus pemain karena tidak memenuhi spesifikasi badan sepakbola.

Share Nike Menolak Menyediakan Sepatu Kepada Timnas Iran

Email Facebook Google++ LinkedIn Pinterest Print Tumblr Twitter