Demba Ba Menjadi Korban Rasisme di Kompetisi China

Betmaster88 – Demba Ba Menjadi Korban Rasisme di Kompetisi China. Sepertinya dunia sepakbola masih belum bisa lepas dari aksi rasisme, mantan pemain dari Chelsea dan Newcastle United, Demba Ba menjadi korban terbaru dari aksi tersebut. Hal ini pun makin menambah pekerjaan rumah untuk federasi Sepakbola dunia (FIFA) untuk bisa memberantasnya.

 

Demba Ba Menjadi Korban Rasisme di Kompetisi China

 

Tindakan rasisme ini sendiri dialami oleh Demba Ba saat memperkuat klubnya Shanghai Shenhua menghadapi Changcun Yatai pada laga lanjutan kompetisi Liga Super China, pada hari Sabtu (04/8/2018). Pertandingan sendiri berakhir dengan hasil imbang untuk kedua tim tersebut.

 

Kronologi kejadian ini sendiri bermula dari adu argumen yang terjadi antara Demba Ba dengan salah satu pemain dari Changcun Yatai, yakni Zhang Li pada menit ke-77 berjalan nya laga. Disaat itu lah mantan pemain Chelsea dan Newcastle United menerima aksi rasisme dari lawan nya, laga ini pun wasit harus sampai menghentikan pertandingan karena situasi yang semakin panas.

 

Pelatih Shanghai Shenhua, Wu Jingui, mengatakan kepada wartawan bahwa pemain Changchun Yatai lontarkan kata-kata bernada rasial soal warna kulit Demba Ba selama pertandingan yang berakhir dengan skor imbang, 1-1.

 

“Tentu diketahui bahwa kompetisi Liga Super China mempunyai begitu banyak pemain yang memiliki kulit yang berbeda. Keberagaman corak kulit ini pun seharusnya membuat kita seharusnya bisa menghormatinya dan tidak seharusnya bersikap diskriminasi,”ungkap dari Wu usai berakhirnya pertandingan tersebut.

 

“Saya sangat menyesalkan hal ini, ini membuat saya tidak bisa tenang. Hal ini telah membuat saya sangat menyesalkan bahwa adanya sikap kurang respek terhadap seorang pemain yang memiliki kulit berbeda dengan pemain lain,”tegasnya Wu dengan kesal.

 

Sementara itu juga, pihak Shanghai Shenhua telah memposting pesan akan insiden diskriminasi tersebut. Mereka juga meminta pihak dari Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA) untuk segera melakukan investigasi terkait insiden rasisme yang dialami pemainnya tersebut.

 

Sementara pihak klub dari Demba Ba sendiri belum mau memberikan rincian mengenai insiden tersebut secara terbuka kepada media setempat. Namun salah satu blogger olahraga terkemuka China, menulis di media sosial bahwa Zhang diduga meneriakkan ‘You black (kamu hitam)’ berulang kali kepada Ba.

Share Demba Ba Menjadi Korban Rasisme di Kompetisi China

Email Facebook Google++ LinkedIn Pinterest Print Tumblr Twitter